Type Here to Get Search Results !

 


PERISTIWA 10 MUHARRAM

Peristiwa Penting di Hari Asyura 10 Muharram? Ulama Kisahkan Ini

Apa saja sejarah peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura tanggal 10 Muharram? Ustaz Firanda Andirja dan Ustaz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan kisah ini.

Apa saja sejarah peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura tanggal 10 Muharram? Ustaz Firanda Andirja dan Ustaz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan kisah ini.

Tanggal 10 Muharram dikenal sebagai hari Asyura dan di hari inilah terdapat anjuran bagi umat muslim untuk melaksanakan puasa Asyura. Sebagaimana Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa menjalankan puasa Asyura akan mendapatkan ampunan dosa setahun yang lalu.

Selain menjalankan puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram terdapat pula sejarah peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura yang perlu diketahui oleh umat muslim.

Apa saja sejarah peristiwa penting yang pernah terjadi di hari Asyura tanggal 10 Muharram? Ustaz Firanda Andirja dan Ustaz Syafiq Riza Basalamah menjelaskan kisah berikut ini.

1.    Nabi Musa AS selamat dari kejaran Firaun

2.    Firaun mati tenggelam di Laut Merah

Menurut Ustaz Firanda Andirja melalui akun YouTube Firanda Andirja, terdapat beberapa peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura tanggal 10 Muharram. Sejarah peristiwa penting pertama adalah kisah Nabi Musa AS yang diselamatkan oleh  Allah SWT dari kejaran Firaun dan ditenggelamkannya Firaun.

“Pada hari Asyura terjadi dua peristiwa besar dalam sejarah yang pertama adalah peristiwa ditenggelamkannya Firaun dan bala tentaranya, diselamatkan Nabi Musa AS dari kejaran Firaun,” kata Ustaz Firanda Andirja.

3.    Husein bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW) dibunuh

Sejarah peristiwa penting selanjutnya adalah kisah Husein bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW) yang dibunuh oleh pengikut Ubaidilah bin Ziyad dalam perang di Karbala, Irak.

“Keesokan harinya pada hari Jumat pada tahun 61 Hijriah tepat dengan hari Asyura tanggal 10 Muharram akhirnya Husein beri keputusan: Saya tidak mau ikut dengan keputusan Ubaidilah bin Ziyad. Akhirnya terjadilah peperangan,” ucap Ustaz Firanda Andirja.

Dalam peperangan antara dua kubu di Karbala dinilai tidak seimbang karena pasukan Husein bin Ali hanya berjumlah 100 orang, sedangkan pasukan Ubaidilah bin Ziyad sebanyak 5000 orang. Sehingga, tentulah Husein bin Ali kalah dan terbunuh.

Baca Juga: Kumpulan Artikel Seputar Muharram

4.    Nabi Muhammad SAW  berhijrah

Menurut Ustaz Syafiq Riza Basalamah melalui akun YouTube Syafiq Riza Basalamah Official, peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura tanggal 10 Muharram adalah Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dari Makkah ke Madinah dan sampai di Madinah tepat pada 10 Muharram.

“Rasulullah SAW ketika beliau berhijrah meninggalkan kota Makkah menuju ke kota Madinah sesampainya di kota Madinah tepatnya pada tanggal 10 Muharram Nabi SAW mendapati orang-orang yahudi berpuasa pada tanggal 10 Muharram,” kata Ustaz Syafiq Riza Basalamah,.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَدِمَ الْمَدِينَةَ فَوَجَدَ الْيَهُودَ صِيَامًا يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَا هَذَا الْيَوْمُ الَّذِى تَصُومُونَهُ ». فَقَالُوا هَذَا يَوْمٌ عَظِيمٌ أَنْجَى اللَّهُ فِيهِ مُوسَى وَقَوْمَهُ وَغَرَّقَ فِرْعَوْنَ وَقَوْمَهُ فَصَامَهُ مُوسَى شُكْرًا فَنَحْنُ نَصُومُهُ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَنَحْنُ أَحَقُّ وَأَوْلَى بِمُوسَى مِنْكُمْ ». فَصَامَهُ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.

“Ibnu Abbas berkata: Ketika tiba di Madinah, Rasulullah SAW mendapati orang-orang Yahudi melakukan puasa Asyura. Kemudian Rasulullah SAW bertanya, ‘Hari yang kalian berpuasa ini adalah hari apa?’ Orang-orang Yahudi tersebut menjawab, ‘Ini adalah hari yang sangat mulia. Ini adalah hari di mana Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya. Ketika itu pula Firaun dan kaumnya ditenggelamkan. Musa berpuasa pada hari ini dalam rangka bersyukur, maka kami pun mengikuti beliau berpuasa pada hari ini.’ Rasulullah SAW lantas berkata, ‘Kita seharusnya lebih berhak dan lebih utama mengikuti Musa daripada kalian.’ Lalu setelah itu Rasulullah SAW memerintahkan kaum muslimin untuk berpuasa,” (HR Muslim nomor 1130).

Demikian informasi sejarah empat peristiwa penting yang terjadi di hari Asyura tanggal 10 Muharram yang dikisahkan oleh Ustaz Firanda Andirja dan Ustaz Syafiq Riza Basalamah, meliputi: kisah Nabi Musa AS selamat dari kejaran Firaun, Firaun mati tenggelam di Laut Merah, Husein bin Ali (cucu Nabi Muhammad SAW) dibunuh, dan Nabi Muhammad SAW  berhijrah.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.