Type Here to Get Search Results !

 


BISAKAH MEMELIHARA KUCING CARACAL DAN KUCING SERVAL?

 

Mengenal Kucing Caracal, Apakah Bisa Dipelihara?

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang ingin memelihara kucing eksotis seperti kucing caracal? Keberadaan kucing eksotis sebagai hewan peliharaan memang kini tengah menjadi tren di tanah air.

Lantas, apa itu kucing caracal? Bagiamana mereka kini bisa menjadi kucing peliharaan? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Apa Itu Kucing Caracal?

Menurut National Geographic, caracal merupakan kucing liar berukuran sedang yang hidup di sabana, gurun, dan hutan di sebagian besar Afrika dan sebagian Timur Tengah. 

Bulunya biasanya berwarna kuning kecoklatan atau emas kemerahan dengan dagu, tenggorokan, dan bagian bawah berwarna putih. Telinganya yang besar dan runcing, berujung hitam dan berumbai, adalah ciri khas dari kucing eksotis ini.

Mereka memangsa burung dan mamalia, seperti rusa, kelinci, dan merak. Di Asia telah dilatih sebagai binatang berburu. Berkaki panjang dan berekor pendek, tinggi kucing caracal biasanya  40–45 cm dan panjangnya bervariasi dari 66 hingga 76 cm (sekitar 26 hingga 30 inci).

Habitat dan Makanan

Kucing caracal hidup Afrika dan Timur Tengah ke India. Mereka punya kemampuan adaptasi yang baik dengan lingkungan yang berpotensi keras seperti sabana, semi-gurun, hutan kering, padang rumput berbukit kering, dan pegunungan kering. 

Caracal berburu di malam hari tetapi tidak pilih-pilih dan memakan mangsa apa pun yang bisa mereka tangkap, berlari mengejar musang, hewan pengerat, hyrax, dik dik, dan monyet. 

Kadang-kadang, caracal membunuh mamalia sebesar impala atau kudu muda dan mungkin menyerang ternak domestik. Kucing lincah ini memiliki kemampuan melompat yang luar biasa, melompat hingga 10 kaki (3 meter) untuk memukul burung yang sedang terbang. Mereka bahkan dapat melompati burung unta yang sedang duduk! 

Caracal menjaga cakarnya tetap tajam untuk membantu mereka menangkap mangsanya. Mereka kadang-kadang bisa memanjat pohon dan bahkan menyimpan tangkapan mereka di dahan untuk dimakan nanti. 

Karena jangkauannya yang luas, caracal mungkin merupakan predator teratas di wilayahnya atau mungkin ada karnivora yang lebih besar (seperti singa atau anjing berwarna) yang harus diwaspadai.

Konservasi Kucing Caracal

Meski populasi kucing caracal tidak menurun di sebagian besar wilayah jelajahnya, tetapi masih ada ancaman terhadap populasinya. Ini termasuk perusakan habitat karena pertanian dan pembunuhan pembalasan, karena caracal akan berburu ternak kecil jika diberi kesempatan. 

Spesies ini dilindungi secara hukum di sebagian besar wilayah jelajahnya. Pemilik tanah di Namibia dan Afrika Selatan diizinkan untuk membunuh caracal jika dianggap mengancam properti mereka.

Kucing Caracal Sebagai Hewan Peliharaan

Kucing Caracal tidak dianggap sebagai hewan peliharaan yang umum. Mereka adalah hewan liar yang memerlukan lingkungan yang besar dan kondisi yang khusus untuk hidup yang sehat. 

Selain itu, Caracal juga memiliki tingkat energi yang tinggi dan kebutuhan untuk bergerak dan berburu. Oleh karena itu, memelihara Caracal sebagai hewan peliharaan sangat tidak dianjurkan dan bahkan dapat dilarang di beberapa negara.


Kucing Caracal, Ciri-Ciri, Cara Merawat dan Memelihara

Sebagai salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia, kucing telah hidup berdampingan dengan manusia sejak ribuan tahun silam.

Berbagai jenis ras kucing terus dikembang-biakkan, hingga akhirnya menghasilkan berbagai jenis kucing baru.

Salah satu jenis kucing yang belakangan ini populer dipilih sebagai hewan peliharaan adalah kucing Caracal.

Kucing ini memiliki tampilan yang cukup eksotis, dengan didominasi dengan warna coklat dan sedikit warna hitam, tampilannya cukup garang, dengan kaki belakang yang sedikit lebih panjang.

Ciri khas lainnya yang membuat Anda bisa dengan mudah jatuh cinta kepadanya adalah, ukurannya yang sangat besar, panjangnya bisa mencapai 1 meter, dengan bobot hingga 18 kg. Bisa dibilang kucing Caracal merupakan miniatur dari macan dahan.

Habitat kucing Caracal sendiri sebenarnya berasal dari Timur Tengah dan Afrika, khususnya di wilayah Selatan Sahara.

Inilah alasan kenapa kucing ini dikenal juga dengan nama kucing sahara. Mereka hidup di wilayah hutan, semi-gurun, sabana, dan wilayah kering lainnya.

Ciri Khusus Kucing Caracal

Selain ciri fisik seperti yang dijelaskan di atas, kucing Caracal atau kucing Sahara memiliki karakteristik unik lainnya, yakni bagian telinga yang besar dan lancip ke atas, dengan bagian ujungnya yang dipenuhi dengan bulu-bulu panjang. Tampilannya sangat mirip dengan tanduk tajam.

Mereka umumnya sangat liar, sehingga kucing yang ditangkap langsung dari alam akan kesulitan menyesuaikan diri dengan kondisi rumahan.

Mereka sangat sensitif, dan agresif. Dengan ukurannya yang hampir 3 kali lipat dari kucing biasa, tentu sifat agresif mereka akan merepotkan Anda.

Selain itu, mereka merupakan tipe pemburu yang sangat hebat. Maka dibutuhkan area yang cukup luar untuk bisa mengakomodir hobinya tersebut. Di alam liar, kucing sahara bahkan bisa menumbangkan kijang atau rusa berukuran kecil.

Cara Merawat Kucing Caracal

Sebelum mengetahui cara perawatannya, perlu dipahami jika yang dibahas di sini merupakan kucing yang sudah lama atau bahkan dilahirkan di penampungan hewan, bukan kucing dewasa yang langsung diambil dari alam liar.

Meski sudah terbiasa hidup di tengah-tengah manusia, namun tetap ada banyak hal yang wajib Anda perhatikan saat merawat jenis kucing eksotis ini, diantaranya:

1. Kandang

Kucing Caracal merupakan jenis kucing aktif yang tidak bisa ditempatkan dalam kandang sempit.

Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk merawat kucing jenis ini, ada baiknya untuk menyiapkan kandang dengan ukuran yang cukup besar.

Jangan lupa untuk menyiapkan pasir dan membersihkannya kotorannya secara teratur. Anda bisa menempatkan mereka dalam sebuah ruangan yang sedikit terbuka, dan disekat menggunakan kaca

2. Suhu

Sesuai dengan habitatnya, sebaiknya tempatkan mereka di kandang dengan suhu sekitar 20 derajat Celcius.

Jika memungkinkan Anda bisa membuat miniatur hutan dengan menaruh beberapa batang pohon atau kayu utuh, bebatuan, dan kolam air sebagai tempat minumnya.

Dekorasi ruangan seperti ini akan membuat mereka nyaman, tetap aktif dan tumbuh dengan baik. Sesekali ajak mereka untuk berjalan-jalan ke luar rumah.

3. Makanan

Untuk makanan, pada dasarnya sama seperti kucing kebanyakan. Jika ingin mempertahankan sifat aslinya, sebaiknya berikan mereka daging mentah atau melepas hewan hidup, seperti marmut, ayam, kelinci, atau tikus agar kemampuan berburunya bisa tetap terjaga.

Namun jika ingin menjadikan mereka murni sebagai hewan peliharaan, dan teman bermain yang baik, Anda bisa memberi makanan kucing biasa?.


Harga Kucing Serval Beserta Karakter dan Cara Merawatnya, Ketahui Sebelum Membeli

Bagi para pecinta kucing, kini mungkin tidak terbatas ingin memelihara kucing lokal saja, namun juga kucing yang sedang populer secara internasional. Salah satu kucing yang cukup banyak terkenal dan tidak berasal dari Indonesia yakni kucing serval.

Harga kucing serval yang tidak murah membuatnya tidak semua orang bisa membelinya sembarangan. Kepemilikan kucing serval adalah ilegal di banyak negara dan memerlukan lisensi, izin, dan inspeksi di beberapa negara lain.

Sebelum membelinya, pastikan sudah harus memeriksa dengan undang-undang setempat untuk mengetahui mana yang akan berlaku. Kucing serval juga sulit untuk dipulangkan jika sudah tidak bisa lagi merawat kucing tersebut. Berikut selengkapnya tentang harga kucing serval, karakter, beserta cara merawatnya:

Karakter Kucing Serval

Sebelum mengetahui harga kucing serval, pahami dulu karakter mereka. Kucing serval berasal dari Afrika di mana rerumputan tinggi dan semak-semak dapat menyamarkan kucing tinggi ini sehingga memungkinkannya menyelinap ke mangsanya. Mereka dikenal menyerupai cheetah tetapi memiliki ekor lebih pendek dari sepupu mereka yang lebih besar. 

Di alam liar, mereka menyendiri dan mencakup wilayah rumah sekitar 7 mil. Kucing serval Afrika tidak termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Memiliki kaki terpanjang dari kucing mana pun (sebanding dengan tubuhnya), serval adalah pelompat yang gesit dan juga penggali berpengalaman. Mereka dapat menangkap burung lebih dari lima kaki di udara dan menggali ke dalam tanah untuk menangkap mangsanya.

Serval membuat berbagai suara atau vokalisasi: tangisan bernada tinggi untuk memanggil serval lain, geraman, suara meludah, mendengkur, dan banyak lagi.

Cara Merawat Kucing Serval di Rumah

Dalam beberapa tahun terakhir, kucing serval telah menjadi populer sebagai hewan peliharaan  di Amerika Utara dan Eropa. Meskipun kucing cantik ini bisa menjadi teman yang baik, ada juga beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membawanya ke rumah.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kucing serval. Pertama, pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk memenuhi kebutuhan kucing. Kucing serval membutuhkan banyak ruang untuk menjelajah dan bermain, dan rumah atau apartemen kecil tidak akan cocok.

Kedua, serval bukanlah hewan peliharaan. Ini berarti mereka tidak dibesarkan dari generasi ke generasi untuk hidup damai dengan manusia. Serval adalah hewan liar, dan naluri mereka adalah berburu dan membunuh.

Ini dapat menimbulkan bahaya bagi anak kecil dan hewan peliharaan lainnya di rumah Anda. Bahkan jika seekor serval telah dibesarkan di penangkaran, ia masih merupakan hewan liar dan dapat menjadi agresif jika merasa terancam.

Jika Serval melarikan diri dari kandangnya, itu akan menimbulkan ancaman serius bagi hewan liar dan domestik seperti hewan peliharaan atau  hewan ternak. Kandang luar ruangan yang besar adalah suatu keharusan bagi kucing yang sangat aktif dan penyendiri ini. Kucing ini biasanya pemalu di siang hari dan lebih aktif di malam hari. 

Meskipun serval dapat dilatih untuk membuang kotoran, ketahuilah bahwa buang air kecil pada objek adalah bagian dari cara alami mereka untuk menandai wilayah mereka. Serval membutuhkan imunisasi tahunan dan obat cacing yang sama seperti kucing domestik.

Makanan Kucing Serval

Di alam liar, serval makan apapun yang tersedia, yang membuat sulit untuk meniru pola makan alami ideal mereka. Anda mungkin tidak selalu memiliki akses ke semua yang ditawarkan Afrika pada hewan liar, tetapi hewan pengerat, kelinci, burung, ikan, serangga, reptil, dan katak bisa menjadi menu sumber proteinnya yang bervariasi. 

Mangsa utuh harus ditawarkan tetapi jangan khawatir jika serval Anda makan begitu cepat sehingga memuntahkan semuanya kembali karena tersumbat tenggorokannya. Mereka mungkin akan mencoba untuk makan kembali makanan yang dimuntahkan jika belum mulai berfermentasi dari asam lambungnya.

Kucing serval menggunakan penglihatan dan pendengaran mereka lebih dari indera penciuman mereka untuk menemukan mangsanya. Mereka sering bermain-main dengan makanan mereka sebelum memakannya.

Harga Kucing Serval

Harga kucing serval berbeda-beda bergantung umur dan jenisnya. Namun melansir dari laman harga.web.id, rata-rata harga kucing serval dibanderol senilai Rp135 juta, sedangkan di Indonesia kucing serval bisa mulai dibeli dari Rp100 jutaan.

Penting untuk diketahui sebelum membeli, yaitu pastikan apakah kucing memiliki sertifikat terpercaya dan bukan merupakan kucing illegal.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.